14 Subsektor Industri Kreatif di Indonesia

Subsektor Industri Kreatif di IndonesiaIndustri kreatif adalah sebuah usaha yang didasarkan pada kreativitas, gagasan, skill dan bakat pribadi yang dimiliki oleh seseorang dan berpotensi menciptakan kekayaan. Banyak sekali subsektor industri kreatif yang bermunculan di negara ini, karena memang manfaatnya amatlah besar.

Lebih dari itu, industri kreatif bahkan mampu menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan atau produksi hak atas kekayaan intelektual. Jadi, apa saja sih contoh subsektor industri kreatif di Indonesia itu sendiri? Penasaran? untuk ulusan lengkapnya silahkan klik disini.

Subsektor Industri Kreatif

Di Indonesia, industri kreatif telah berkembang di berbagai bidang. Subsektor dalam industri kreatif sendiri dapat dibagi menjadi 14, di antaranya adalah:

  • Periklanan 

Periklanan atau advertising adalah pengenalan produk atau ide yang bertujuan untuk mempersuasif target pasar dengan menggunakan taktik-taktik marketing.

Periklanan adalah proses membujuk audiens yang ditargetkan untuk melakukan tindakan tertentu, baik itu membeli produk atau bisa juga ingin membawa kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah. Iklan, dianggap pesan yang mencoba untuk melibatkan dan mempengaruhi audiens.

Bisnis dan organisasi akan menggunakan iklan untuk memengaruhi opini audiens target atau menumbuhkan kesadaran terhadap masalah tertentu. Jadi contoh iklan gak selalu bertujuan kamu harus membeli produk dari pengiklan.

Ada banyak kok iklan yang mengajak kamu untuk menumbuhkan kesadaran seperti iklan anti narkoba atau berhenti merokok.

  • Arsitektur 

Arsitektur adalah aktivitas kreatif yang berhubungan dengan rancangan desain suatu bangunan. Istilah arsitektur digunakan untuk mendeskripsikan struktur fisik, seperti bangunan, namun istilah ini juga menjelaskan teknis perancangan bangunan tersebut, serta metode konstruksinya.

Arsitektur membantu memberikan peluang ekonomi di Indonesia. Saat ini hampir semua orang yang ingin membangun sebuah bangunan pasti akan membutuhkan jasa seorang arsitek untuk merancang konstruksinya.

  • Pasar Seni

Pasar seni merupakan kegiatan kreatif terkait perdagangan komoditas. Pasar seni berupaya untuk menjual sesuatu yang dinilai mempunyai estetika tinggi . Barang-barang kuno dan unik ini kemudian bisa dijual dengan beberapa cara.

Bisa melalui pelelangan, membuka toko, dititipkan di supermarket atau menjualnya via internet dan sosial media.

  • Kerajinan

Kerajinan tangan merupakan kegiatan kreatif yang terkait dengannya memproduksi barang yang diolah sendiri kemudian dan mendistribusikan produk tersebut ke berbagai perusahaan atau dipasarkan melalui internet.

Contoh dari subsektor industri kreatif satu ini banyak sekali lho! Buat kamu yang suka membeli tas rotan, itu adalah salah satu contoh produk dari industri kreatif. Selain itu, adapula kerajinan lainnya seperti membuat perabotan dari bambu atau kayu dan sebagainya.

  • Desain 

Desain merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan dengan menciptakan konsep visualisasi yang menarik. Banyak sekali jenis-jenis desain yang mulai dari desain grafis, industri, produk, multimedia dan sebagainya.

  • Fashion

Fashion merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas membuat busana atau aksesori fashion lainnya. Saat ini banyak sekali industri fashion lokal yang mulai bertebaran di Indonesia dan bahkan banyak juga brand lokal yang menjualnya hingga ke negara lain.

  • Film, Video dan Fotografi

Baik produksi film, video maupun fotografi semuanya merupakan kegiatan kreatif karena menghasilkan karya-karya terbaik dan orisinil yang berasal dari ide cemerlang dari orang-orangnya. Kalau kamu hobi fotografi, sebenarnya hobi kamu ini sudah masuk dalam subsektor dalam industri kreatif.

  • Game Interaktif

Permainan interaktif merupakan sub industri kreatif yang menangani pembuatan, produksi, dan distribusi komputer dan video game. Pada dasarnya industri kreatif satu ini menghibur dan mendidik.

 Ya, industri game interaktif tidak hanya digunakan sebagai hiburan, tapi juga sebagai alat bantu belajar, contohnya aplikasi game edukasi anak seperti Belajar Bentuk atau Puzzle.

  • Musik

Musik adalah kegiatan yang berhubungan dengan kreasi penciptaan nada-nada dan ritme, pertunjukan atau konser musik, typing dan distribusi rekaman. Semua hal yang berkaitan dengan nada-nada, masuknya ke industri musik.

  • Seni Pertunjukan

Segala kegiatan yang menggunakan ide-ide kreatif untuk menciptakan sebuah pertunjukan drama, sendratari, opera, hingga teater musikal atau sebagainya, maka itu masuk dalam seni pertunjukan.

Mulai dari memberikan ide cerita, membuat kostum pertunjukan, hingga merancang dekorasi panggung, semuanya adalah bagian dari contoh industri kreatif.

  • Penerbitan dan Percetakan

Penerbitan dan percetakan merupakan bagian dari industri kreatif karena melibatkan aktivitas pengaplikasian ide-ide kreatif ke dalam bentuk tulisan seperti menghasilkan konten media, berita, buku atau majalah.

  • Layanan Komputer dan Software

Jasa komputer dan perangkat lunak juga bagian dari kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan pengembangan perangkat lunak, melakukan integrasi dan analisis sistem.

  • Televisi dan Radio 

Televisi dan radio pastinya juga termasuk ke dalam kegiatan kreatif karena berkaitan dengan menemukan ide untuk memproduksi konten untuk disiarkan kepada masyarakat. Kamu pasti sering melihat televisi bukan?

  •  Riset dan Pengembangan (R&D) 

R&D merupakan kegiatan kreatif terkait dengan upaya inovatif manusia dalam menemukan ide, ilmu dan teknologi baru. Dalam menemukan ide-ide kreatif untuk produk baru ini, R&D selalu menggunakan patokan minat pasar yang ada.

Mungkin kamu pernah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, tapi tidak tahu bahwa itu adalah contoh dari industri kreatif. Dari 14 subsektor industri kreatif di atas, mana saja yang familiar menurut kamu?