Macam Service Mobil Berkala Yang Harus Dilakukan

Macam Service Mobil Berkala Yang Harus DilakukanPemilik mobil baru wajib melakukan perawatan mobil secara berkala. Perawatan ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Sayangnya masih banyak orang yang tidak memahami hal ini dan akhirnya mobil mudah rusak. setiap komponen di mobil memiliki jangka waktu penggunaan. Semakin sering digunakan akan semakin cepat komponen tersebut aus dan rusak. berikut ini beberapa service mobil berkala yang harus dilakukan bagi pemilik mobil baru.

Service Mobil Berkala 1000 km

perawatan pertama dilakukan saat mobil mencapai jarak tempuh 1000 km. perawatan ini  jarang dilakukan oleh banyak orang. karena memang penggunaan mobil belum begitu banyak. jika anda ingin merawat mobil, bisa melakukan perawatan ini. teknisi bengkel tidak melakukan banyak pemeriksaan. Biasanya hanya mengecek bagian oli mesin, minyak rem, oli transmisi, kopling, air radiator dan oli power steering. Biaya yang dikeluaran cukup terjangkau, mulai dari 150 ribuan.

Service Mobil Berkala 5000 km

Setelah mencapai jarak tempuh 5000 km, anda harus segera melakukan perawatan lagi. sat mencapai jarak tempuh ini, ada beberapa komponen mobil yang harus diganti. Untuk mencapai jarak tempuh 5000 km, biasanya membutuhkan waktu 3-4 bulan. untuk pengecekannya hampir sama dengan service rutin 1000 km. namun perawatan ini harus dilakukan pergantian oli mesin. Karena oli mesin memang harus diganti dalam jangka waktu 3-4 bulan.selain itu bagian sistem steering, kampas rem dan cairan lainnya akan dilakukan pengecekan.

Service Mobil Berkaala 10.000 km

Untuk service  berkala 10.000 km, ada banyak komponen yang harus diperiksa. Pemakaian kendaraan sekitar 6 bulan. pihak bengkel bisa melakukan pemeriksaan lebih detail. Apalagi buat mobil yang sering digunakan di  jalan berlubang atau rusak. bagian rem ke empat roda akan dilakukan pengecekan dan pembersihan. Oli transmisi dan oli mesin pun akan diganti. Rotasi ban menyilang, spooring dan balancing juga tidak lupa dilakukan pengecekan. Biaya servicenya tergantung dengan merk mobil dan  jenis kerusakan.

Service Mobil Berkala 15.000 km

Perawatan lanjutan yang harus dilakukan sata mobil mencapai jarak tempuh 15.000 km. pengecekannya hampir sama dengan service sebelumnya. Tapi juga dilakukan pengecekan pada bagian lainnya. oli mesin kendaraan akan diganti lagi. selain itu akan dilakukan pemeriksaan dibagian fluida, baut koling, air radiator, dan lainnya. perawatan rutin selanjutnya, juga harus dilakukan jika mobil mencapai jarak tempuh kelipatan 15000 km. yaitu 30000 km, 45.000 km dan seterusnya.

Service Mobil Berkala 20.000 km

Untuk mencapai jarak tempuh 20.000 km, biasanya ditempuh dalam waktu 1 tahun. Saat itu anda wajib melakukan perawatan rutin. Karena akan semakin banyak komponen yang rusak atau harus dibersihkan. Ada beberapa hal yang akan dilakukan. Seperti pengecekan rem di semua roda, pembersihan saringan udara, pengecekan dan penyetelan klep, kalibrasi idle, pembersihan bagian throttle body, penggantian busi, penggantian filter ac, balancing spooring dan masih banyak lainya. Untuk biayanya, anda bisa memanfaatkan gratis jasa service dari pabrikan otomotif.

Tune Up Mobil

Setelah mobil digunakan selama 1 tahun, anda juga wajib melakukan tune up.  Tune up merupakan merawat mobil yang dilakukan secara lebih detail dan rutin. Tune up ini dilakukan untuk menjaga performa mesin mobil. Selain itu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, ada beberapa hal yang dilakukan dalam perawatan tune up ini. seperti penggantian filter udara, mengganti kabelbusi, filter bahan bakar, busi, penyetelan sensor oksigen dan masih banyak lainnya. pada saat melakukan proses tune up ini, teknisi bengkel akan melakukan pengecekan menyeluruh pada semua komponen mobil.

Anda bisa melakukan perawatan berkala di bengkel resmi atau bengkel umum. Biaya yang harus dikeluarkan bervariasi. Tergantung tingkat kerusakan, berapa banyak komponen yang harus diganti, merk komponen yang digunakan, dan masih banyak lainnya. melihat pentingnya perawatan berkala, anda harus melakukan secara rutin.

Pastikan untuk mengganti oli mesin dan transmisi sesuai dengan jarak tempuh. Jika ada bagian yang rusak,harus segera diganti. Sehingga anda bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman. untuk mencari bengkel perawatan berkala mobil terbaik di seluruh indonesia, anda bisa mencarinya di otomall.id.